Jaringan Wireless

1. Cara Kerja Jaringan Wireless

Wireless network atau jaringan wireless menggunakan gelombang radio sebagai medium untuk memancarkan data antar komputer. Kode yang digunakan adalah data biner: 1 dan 0 data biner merupakan informasi secara digital, menterjemahkan ke gelombang radio.

Panjang gelombang Dan Frekwensi. kamu mungkin ingin tahu bagaimana komputer dapat mengirimkan dan menerima data pada kecepatan tinggi. Transmisi wireless pertama kali dikirimkan pada frekwensi yang sangat tinggi, yang mengijinkan lebih dari 1 data untuk dikirim per detik. Koneksi wireless paling cepat menggunakan frekwensi 2.4 gigahertz ( 2.4 milyar (Am.) siklus per detik). Bagaimanapun, frekwensi tinggi menghasilkan panjang gelombang yang sangat pendek, dimana networking wireless efektif hanya di atas jarak yang dekat.

Langkah yang akhir untuk jaringan wireless adalah penyedia akses internet untuk tiap-tiap komputer untuk jaringan. Sebagai contohnya di Bandung misalnya di sebuah cafe di mall, ada sebuah titik wilayah atau daerah atau apalah itu yang menyediakan yang namanya "hotspot" , nah titik hotspot inilah sebagai pusat jaringan wireless dimana para penggunanya bisa menggunakan titik hotspot ini sebagai titik acuan jaringannya. Jadi hubungan antara hotspot dan penggunanya yang menggunakan laptop tadi terjadilah wireless network conection. 

  
2. Hardware Yang Terhubung Pada Jaringan Wireless 

- PCI card wireless network
PCIcard Wireless network dapat juga berupa sebuah card WIFI yang ditancapkan pada slot computer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat Wireless network dapat juga diaktifkan menjadi Access point. Perangkat jenis PCI card dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.

- USB Add-on PCI slot
Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut.

-  Mini PCI bus adapter
PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook.

- Hardware Access Point + plus
adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya. Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.

3. Software Yang Terhubung JaringanWireless

- Advanced port scanner
dapat memindai port sangat cepat, berisi deskripsi untuk port umum, dan dapat melakukan scan pada rentang port yang telah ditentukan.

- Wireless Wizard
Meningkatkan keandalan dan penggunaan dari setiap WiFi, WiMAX, LTE, 3G atau jaringan data nirkabel. 

- Easy wifi radar
untuk menemukan dan terhubung untuk membuka jalur akses nirkabel dengan mouseclick tunggal. Terhubung ke hotspot gratis tanpa kerumitan.

- AirSnare
adalah aplikasi Wi-Fi besar bagi mereka situasi di mana Anda benar-benar perlu untuk terhubung ke jaringan terbuka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Jaringan Wireless"

Poskan Komentar